SMA NEGERI 21 Palembang, Sabtu (17/07/2021). Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) adalah kegiatan pertama masuk sekolah untuk pengenalan program, sarana dan prasarana sekolah, cara belajar, penanaman konsep pengenalan diri, dan pembinaan awal kultur (budaya) sekolah.


Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah bagi peserta didik baru berbentuk kegiatan yang bersifat edukatif dan kreatif untuk mewujudkan sekolah sebagai taman belajar yang nyaman bagi mereka.
Melihat pentingnya tujuan pengenalan lingkungan sekolah bagi peserta didik baru, maka kegiatan MPLS wajib di selenggarakan oleh setiap satuan pendidikan.


Karena masih berada di masa Pandemi Covid-19, maka kegiatan MPLS Tahun Pelajaran 2021/2022 SMAN 21 Palembang dilakukan secara Tatap Muka dan Daring. Tatap Muka di lakukan di hari pertama dan selanjut nya hari kedua di lakukan secara daring (online) untuk mencegah penyebaran Covid-19, khususnya pada satuan pendidikan.


Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah ( MPLS ) di SMA Negeri 21 Palembang hari kedua di lakukan secara daring via zoom meeting. Meski dalam masa Pandemi Covid – 19 dan MPLS di lakukan secara daring namun di harap kan apa yang menjadi tujuan dari MPLS itu sendiri tercapai. Karena MPLS tahun pelajaran 2021/2022 ini mengusung tema “ Membentuk Kader-kader yang intelektual dan berintegritas di Era Milenial “.
Tujuan MPLS
Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bertujuan sebagai berikut.

  1. Mengenali potensi diri peserta didik baru.
  2. Membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, antara lain terhadap aspek keamanan, fasilitas umum, dan sarana prasarana sekolah.
  3. Menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar efektif sebagai peserta ddik baru.
  4. Mengembangkan interaksi positif antar peserta didik dan warga sekolah lainnya.
  5. Menumbuhkan perilaku positif antara lain kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, menghormati keanekaragaman dan persatuan, kedisplinan, hidup bersih dan sehat untuk mewujudkan siswa yang memiliki nilai integritas, etos kerja, dan semangat gotong royong pada diri peserta didik.

Bentuk-bentuk Kegiatan MPLS
Bentuk kegiatan MPLS dapat bersifat wajib maupun pilihan, dengan memperhatikan tujuan pelaksanaan kegiatan.
Berikut ini adalah bentuk-bentuk kegiatan MPLS sesuai Permendikbud Nomor 18 Tahun 2016.

  1. Kegiatan mengenali potensi diri siswa baru.
  2. Kegiatan membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya.
  3. Kegiatan menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar efektif sebagai peserta didi baru.
  4. Kegiatan mengembangkan interaksi positif antar peserta didik dan warga sekolah lainnya.
  5. Kegiatan menumbuhkan perilaku positif pada diri peserta didik baru

Adapun Materi yang diberikan secara Daring pada hari ke dua dan ketiga mencakup hal hal berikut ini :
Materi Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah yang bersifat teoritis dan edukatif, antara lain sebagai berikut.

  1. Wawasan Wiyata Mandala
    Peserta didik juga mendapatkan arahan untuk mengenal sekolahnya melalui cara pandang mereka terhadap sekolah sebagai tempat untuk menimba ilmu dengan segala unsur-unsurnya yang meliputi gedung sekolah, kepala sekolah, guru, karyawan, komite sekolah, orangtua/wali, dan masyarakat sekitar.
  2. Kepramukaan
    Peserta didik akan berkenalan secara lebih luas dan mendalam mengenai pentingnya mengikuti kegiatan pramuka di sekolah.
    Pramuka akan membentuk peserta didik menjadi warga negara berjiwa Pancasila setia dan patuh kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia serta menjadi anggota masyarakat yang baik dan berguna.
  3. Kesadaran Berbangsa dan Bernegara
    Peserta didik akan memperoleh pemahaman mengenai pentingnya kesadaran berbangsa dan bernegara. Pengaruh globalisasi menjadikan generasi muda lebih mementingkan diri sendiri dan kelompoknya daripada mementingkan kepentingan bangsa dan negara.
  4. Belajar Efektif
    Pada tahap ini peserta didik akan mendapatkan materi mengenai cara belajar yang baik, sehingga mereka akan lebih mudah mencapai tujuan belajar.
  5. Pendidikan Karakter
    Penguatan Pendidikan karakter adalah gerakan pendidikan di bawah tanggung jawab satuan pendidikan untuk memperkuat karakter peserta didik melalui harmonisasi hati, olah rasa, olah pikir, dan olah raga dengan pelibatan dan kerja sama antara satuan pendidikan, keluarga dan masyarakat sebagai bagian dari Gerakan Nasional Revolusi Mental.
  6. Tata Krama Siswa
    Peserta didik akan berkenaan dengan jenis-jenis tata krama dan contoh tata krama dalam kehidupan mereka sehari-hari, baik di sekolah, di rumah, maupun di lingkungan tempat tinggalnya.
  7. Pengenalan Kurikulum 2013
    Peserta didik akan mendapatkan penjelasan mengenai Kurikulum 2013 di semua jenjang satuan pendidikan. Kurikulum 2013 menjadi kurikulum yang diterapkan oleh pemerintah untuk menggantikan kurikulum tingkat satuan pendidikan,.
    Masa pengenalan Lingkungan Sekolah ( MPLS ) SMAN 21 Palembang berlangsung selama tiga hari di mulai dari tanggal 15 sampai dengan tanggal 17 Juli 2021 ini, telah selesai di laksanakan. Dan hari ini telah lakukan penutupan secara Daring.